Rabu, 29 Oktober 2008



SOTONG PANGKONG JAJANAN SEAFOOD KHAS PONTIANAK

KALIMANTAN BARAT

Sotong pangkong adalah makanan jajanan seafood yang sudah sangat terkenal lebih dari sepuluh tahun yang lalu di Kota Pontianak. Makanan ini sangat digemari masyarakat Kota Pontianak terutama pada bulan Ramadhan, ditandai dengan menjamurnya warung – warung sotong pangkong disudut-sudut kota. Namun tidak berarti pada bulan-bulan biasa sotong pangkong tidak dijual oleh masyarakat di Kota Pontianak, hanya saja jumlah penjualnya biasayanya menjadi berkurang. Istilah sotong pangkong sebagai nama jajanan seafood ini sebenarnya berasal dari bahan baku sotong (cumi-cumi) kering yang dalam proses pengerjaan menjadi makanan jajanan seafood tersebut seletah dipanggang diatas bara api harus dipangkong atau dipukul - pukul menggunakan palu terlebih dahulu supaya lembut dan mudah dikuyah sebelum disajikan kepada konsumen. Proses pengerjaan sotong pangkong yang masih sangat sederhana tersebut, yakni dibakar diatas bara api, dibantu dengan kipas angin sebagai peniup bara api, talenan kayu, dan bunyi ketokan palu yang dipukul-pukulkan kepada sotong (cumi-cumi) yang baru saja diangkat dari alat pemanggang, menjadikan suasana di warung sotong pangkong tersebut terasa lebih ramai.

Dalam penyajiannya kepada konsumen sotong pangkong selalu ditemani oleh kuah sambal kacang atau kuah sambal ebi tergantung selera konsumen. Cita rasa sotong pangkong menurut Agustinus (37 tahun) salah satu konsumen langganan yang ditemui oleh penulis di warung sotong pangkong milik Budi Susanto (30 tahun) dan Riyan (21 tahun) dua kakak-beradik ini yang menjajakan sotong pangkong lebih dari lima tahun di jalan Merdeka Barat Pontianak adalah karena racikan bumbu sambal kacang atau sambal ebi tersebut sangat pas, sehingga pada saat sotong pangkong dicocol dengan sambal kacang berkuah atau sambal ebi berkuah akan terasa sangat nikmat dilidah konsumennya.

Menurut Budi Susanto pemilik warung sotong pangkong yang mangkal di Jalan Merdeka Barat Pontianak, omset dagangannya per malam rata-rata mencapai 50 ekor atau 50 porsi bahkan kalau pas ramai pengunjung bisa mencapai 100 ekor atau 100 porsi. Harga per porsi sotong pangkong miliknya bervariasi mulai dari Rp. 5000/porsi, Rp. 8000/porsi, Rp. 10.000/porsi, Rp. 15.000/porsi sampai Rp. 20.000/porsi tergantung ukuran dan banyaknya sotong pangkong yang dipesan konsumen atau rata-rata omset yang diraihnya dapat mencapai Rp. 500.000 per malam.

Pengunjung yang datang diwarungnya sangat beragam dari mulai anak-anak muda sampai dengan orang tua. Sebagian besar dari pengunjung warungnya adalah merupakan pelanggan tetap dan selebihnya adalah pelanggan baru yang biasanya diperkenalkan oleh kerabat atau kawan dekatnya. Menurut Budi Susanto salah satu pemilik warung sotong pangkong, disepanjang jalan Merdeka Pontianak pada bulan ramadhan ini berdiri lebih dari 30 warung sotong pangkong, sehingga kawasan tersebut terkenal sebagai tempat pusat jajanan sotong pangkong Pontianak.

Berdasarkan pengamatan penulis, dilihat dari perkembangan konsumen dan cita rasanya yang khas, jajanan ringan sotong pangkong ini apabila dibantu dengan promosi dalam kegiatan pameran dan pembinaan teknis serta manajerial dari instansi terkait secara baik, jenis makanan jajanan sotong pangkong dapat berkembang menjadi makanan jajanan khas nasional seperti empek-empek Palembang dan pecel lele dari Jawa Timur yang dahulu merupakan makanan khas daerah setempat, tetapi sekarang sudah dikenal dan digemari oleh masyarakat di seluruh provinsi Indonesia bahkan sudah masuk di gerai-gerai mall ternama di kota-kota besar. Mungkinkah makanan jajanan khas sotong pangkong asli Pontianak ini dapat memasuki daftar menu masakan nasional...? Jawaban dari pertanyaan tersebut salah satunya adalah menjadi tanggung jawab pemerintah khususnya Dinas Kelautan dan Perikanan ditingkat daerah dan Departemen Kelautan dan Perikanan di tingkat pusat.

Penulis:

SAPTOYO, SE. M.Sc /Staf Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kalbar

Contack person pemilik warung Sotong Pangkong Pontianak:

Budi Susanto / Riyan : Hp. (0561) 7075191

Tidak ada komentar: